Banyak dari bisnis berbasis internet atau bisnis online di rumah menggunakan lifestyles untuk mencari keuntungan. Berbagai penawaran dan atribut berupa gambar yang digunakan sangat meyakinkan sehingga semua orang benar-benar percaya bahwa mereka bisa pensiun dini dari pekerjaannya sehari-hari karena telah berhasil menjadi miliuner dalam waktu setahun dengan menjalankan bisnis online.

Hal lain yang menggiurkan dari bisnis online adalah frase “fully automated” yang telah melekat dalam bisnis online sehingga mereka dapat membayangkan dirinya bekerja sambil mengurus bisnis online yang telah ‘otomatis berjalan’ tersebut. Sayangnya ini bukalah hal yang tepat. Berbagai usaha keras masih harus dilakukan agar dapat membangun bisnis online yang sukses, dikenal, dan juga menguntungkan.

Sayang sekali banyak sekali orang yang gagal dalam mewujudkan bisnis online rumahan yang suskses. Mereka telah salah kaprah hingga mempercayai bahwa sejumlah uang akan datang dari bisnis online dalam waktu singkat dengan sedikit usaha dan juga tanpa menerapkan berbagai teori dan prinsip bisnis di dalamnya.

1.       Perlakukan Bisnis Online Anda Seperti Bisnis Lainnya

hamakargich universal

Strategi bisnis online yang pertama dan yang paling penting adalah Anda harus memperlakukan bisnis online sama profesionalnya seperti bisnis di dunia nyata, bukan hanya hobi atau iseng semata. Mungkin sebagian dari Anda ingin menjalankan bisnis onlinenya namun ingin mempertahankan pekerjaan tetapnya juga dan berharap agar keutungan yang diraih bisnis online datang begitu cepat. Menjadikan bisnis online Anda sebagai ‘part time’ sejenis ini akan menimbulkan kekecewaan dan juga kegagalan. Sikap ‘full time’ dalam mengurus bisnis online Anda sangat dibutuhkan.

Untuk membangun bisnis online yang sukses dan menguntungkan, Anda perlu mengaplikasikan prinsip bisnis dengan sikap ‘full time’ dalam mengurus berbagai hal yang berhubungan dengan bisnis online yang dijalankan seperti kegiatan internet marketing yang jitu, pemasangan iklan dengan desain banner yang baik, cash flow yang detail, product testing, pelayanan customer service yang baik, website update dan maintenance secara berkala, menjalankan email marketing dan lain-lain.

Selain itu, Anda harus dapat meyakinkan diri bahwa Anda menjual sesuatu yang memiliki nilai di mata pasar dan produk tersebut juga menarik konsumen yang potensial ke website Anda. Pastikan juga Anda dapat memenuhi keutuhan mereka melalui website Anda sehingga mereka dapat menjadi pelanggan Anda.

Seperti bisnis yang lain, time management dan cash management adalah salah hal yang paling penting. Putuskan mana saja hal yang penting dan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Atur prioritas dalam setiap tugas yang harus diselesaikan sehingga Anda dapat menggunakan waktu Anda dengan efektif. Selain itu, pastikan juga desain website yang digunakan sudah memberikan kesan profesional dan juga mudah untuk digunakan target market sehingga dapat meningkatkan angka penjualan bisnis online Anda.

 2.       Buat Diri Anda Profesional dalam Bisnis Online yang Dijalankan

bigstock-Portrait-Of-A-Beautiful-Woman-4965844

Beberapa pelanggan potensial yang mengunjungi website Anda mungkin akan segera menghubungi Anda melalui email maupun telepon. Jika mereka berhasil menghubungi Anda, maka akan terbentuk suatu kepercayaan tersendiri terhadap bisnis online yang Anda jalankan.

Anda juga dapat memberikan gambaran yang baik mengenai bisnis online yang Anda jalankan dengan menunjukkan sikap profesional dalam memberikan pelayanan baik melalui website Anda, maupun pada saat Anda melayani berbagai pertanyaan pelanggan atau keluhan maupun saran. Pastikan bisnis online yang Anda jalankan memberikan solusi kepada target market sehingga Anda dapat mendulang keuntungan melalui masalah mereka yang terselesaikan.

 3.       Amati Hal-hal Apa Saja yang Bekerja dan yang Tidak pada Bisnis Online Anda

sap_ag_big_data_BIv2C

Menjalankan online marketing memerlukan kedisiplinan dan juga kerja keras sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik. Amati berbagai kemungkinan yang ada agar pelanggan potensial dapat mengunjungi website Anda. Mengingat melalui kunjungan website tersebut, ada kemungkinan conversion rate menjadi lebih tinggi, ada baiknya jika Anda mengamati dengan serius berbagai kegiatan online marketing yang Anda jalankan.

Jika Anda ikut serta dalam kegiatan online marketing bisnis online Anda, Anda perlu mengetahui data mengenai opt-in dan opt-out termasuk kemungkinan yang bisa terjadi pada saat mereka opting-out. Coba untuk mencari tahu penyebabnya dan buat perubahan. Cari tahu juga bagaimana Anda berhasil membawa pelanggan potensial untuk mengunjungi website Anda, lalu tingkatkan. Kegiatan tersebut dapat Anda lakukan sehingga Anda dapat melakukan perubahan yang membawakan hasil lebih baik. Anda juga perlu mengetahui keyword dan frase yang perform dengan baik serta posisinya pada search engine sehingga rate click-through meningkat, begitu juga conversion ratenya.

Dengan menjalankan bisnis online Anda dapat melacak berbagai proses perubahan yang terjadi pada kegiatan marketing Anda dan juga mengetahui dengan tepat apa yang sedang terjadi sehingga Anda dapat melakukan penyesuaian terhadap strategi pemasaran online dan dapat secara cepat mengikuti trend. Yang menarik dari kegiatan online marketing adalah, Anda dapat melacak semua data yang Anda perlukan.

Kunci sukses dalam menjalankan bisnis online adalah dengan menghindari berbagai persepsi dengan menggunakan data sebagai dasar mengambil keputusan dan juga menjadi seorang yang disiplin dalam mengerjakan semua kegiatan bisnis online Anda. Anda juga harus memberikan pelayanan terbaik  dan juga update berkala sehingga dapat menyelesaikan permasalahan target market lebih baik lagi. Semoga tips dan strategi bisnis ini dapat membawa bisnis online Anda menuju kesuksesan lebih cepat.


Shriyadita Yenie

Copywriter di Sribu.com. Pembaca buku yang memiliki banyak cerita. Penikmat Indomie Goreng Spesial dan berbagai teh yang mendapatkan gelar sarjana ilmu komunikasinya di Universitas Tarumanagara pada tahun 2014.