Dalam upaya meningkatkan angka penjualan dalam bisnis Anda, pastinya Anda akan membutuhkan kegiatan marketing.  Maka dari itu, akses komunikasi yang tersedia haruslah memudahkan Anda sebagai pemilik bisnis. Untuk memudahkan berbagai kegiatan tersebut, Anda akan membutuhkan email. Email adalah salah satu media komunikasi online yang diminati karena mudah untuk digunakan, cepat dan gratis.

Banyaknya penyedia layanan email gratis tentunya juga menawarkan berbagai layanan dengan spesifikasi yang berbeda-beda. 3 diantaranya adalah Outlook (Microsoft), Yahoo Mail (Yahoo) dan juga Gmail (Google). Apa saja sih perbedaannya?

Jika dilihat dari asal usulnya, Outlook atau yang dulu biasa dikenal dengan Hotmail merupakan penyedia layanan email gratis dari Microsoft yang sudah mulai beroperasi dari bulan Ju    li 1996. Sedangkan Yahoo Mail adalah layanan penyedia email dari Yahoo yang muncul pada tahun 1996. Berbeda dengan Gmail yang pada awalnya hanya menyediakan layanan email bagi penerima invitation. Namun pada bulan Febuari 2007, Gmail dapat digunakan oleh publik.

Dari ketiga penyedia layanan email gratis tersebut, pastinya memiliki beberapa perbedaan dari berbagai segi seperti keamanan dan privasi, pengaturan kotak masuk, alat pengorganisir, dan komunikasi dengan pengguna email lain yang nantinya akan mempengaruhi kegiatan promosi yang dijalankan.

1.       Keamanan dan Privasi

  stock-email

Keamanan dan privasi dalam email merupakan hal yang penting bagi setiap pengguna karena email yang bersifat pribadi. Pada ketiga penyedia layanan email gratis tersebut terdapat perbedaan di beberapa hal seputar keamanan dan privasi.

  Outlook YMail Gmail
Spam di dalam Inbox di bawah 3%
SSL otomatis aktif
Tidak menerima iklan sesuai dengan target berdasarkan konten email

Dengan tabel ini, Anda dapat memilih jasa layanan email gratis yang sesuai dengan kebutuhan Anda akan keamanan dan privasi yang diperlukan.

2.       Pengaturan Inbox

 timthumb

Ratusan hingga ribuan email masuk ke dalam inbox Anda sebagai pemilik bisnis setiap harinya. Tentunya Anda membutuhkan jasa layanan email gratis yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengatur kotak masuk email Anda.

  Outlook YMail Gmail
Penyimpanan virtual tanpa batas
Share, lihat dan edit dokumen Microsoft Office secara online
Organisir email sesuai dengan percakapan
Panel bacaan
Mengirim email melalui akun lain
Mark as read dengan 1 tombol

Dengan fitur pengorganisir yang baik, Anda dapat menemukan dengan mudah email yang dibutuhkan serta akses yang mudah untuk membaca serta membalas email yang harus dibalas dengan segera.

3.       Kemampuan Pengorganisir

 3d dossier popping out from a laptop screen

Banyaknya informasi yang masuk dalam email Anda tentunya membuat Anda sedikit repot untuk memilah email mana saja yang sedang dihighlight hari ini. Kemampuan organisir email yang dimiliki oleh layanan penyedia email gratis menjadi penting untuk memudahkan Anda memilah-milah pesan.

  Outlook YMail Gmail
Membuat alias – menghubungkan alamat lain langsung menuju inbox Anda
Organisir inbox melalui kategori, folder maupun keduanya
Mengkategorikan newsletter secara otomatis
Tandai pesan penting sehingga muncul pada baris pertama di Inbox
Buat aturan berdasarkan waktu seperti penghapusan pesan setelah 10 hari
Kolom pencarian

Dengan fitur pengorganisir yang baik, Anda dapat menemukan dengan mudah email yang dibutuhkan serta akses yang mudah untuk membaca serta membalas email yang harus dibalas dengan segera.

4.       Komunikasi dengan Pengguna Email Lain

 e-mail

Untuk memudahkan komunikasi dengan orang lain, biasanya penyedia layanan email gratis akan memudahkan Anda untuk melakukan kegiatan marketing melalui media sosial dan bersosialisasi dengan chat messanger. Berikut adalah perbedaan dari 3 penyedia layanan email gratis.

  Outlook YMail Gmail
Menguhubungkan pengguna langsung ke Skype, Facebook, Twitter, Google dan LinkedIn
Chat dengan teman Skype
Chat dengan teman Facebook
Chat dengan teman Google

Jika Anda ingin agar terhubung dengan segera melalui email, Anda bisa memilih penyedia layanan email gratis yang langsung menghubungkan pecakapan dari berbagai media sosial dan chat messanger dengan mudah.

Setelah membaca  berbagai perbedaan yang telah ditampilkan di atas, tentunya Anda sudah memilih penyedia layanan email gratis mana yang cocok untuk Anda gunakan sebagai sarana perwujudan strategi promosi yang sudah disusun sebelumnya. Pastikan juga cara membuat email Anda sudah benar dengan mengikuti prosedur penyedia layanan email gratis yang Anda gunakan.

Dengan pemilihan penyedia layanan email gratis yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan cara pembuatan email sesuai prosedur, Anda sudah dapat memulai kegiatan promosi secara online. Namun, Anda juga harus memiliki desain logo bisnis yang cocok dan juga desain website yang linknya akan dicantumkan pada email tersebut sehingga para pelangggan dapat jatuh cinta dengan perusahaan Anda!


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G