Suasana kerja, terutama bagi Anda yang memiliki rutinitas setiap pagi hingga sore di kantor, tentu sangat mempengaruhi mood Anda dalam mengerjakan setiap kewajiban Anda. Ruang dan lingkungan kantor yang bersih akan sangat mendukung kestabilan kondisi pikiran Anda.

4-bad-office-designPara desainer telah memikirkan bagaimana membuat desain interior keren dan tak luput juga dengan desain exteriornya sendiri. Semakin nyaman kantor Anda, maka semakin semangat juga Anda dalam menjalani pekerjaan Anda. Disini, Sribu akan membahas serta memberikan Anda contoh desain kantor terkeren yang pernah ada.

 

1. Selgas Cano – Madrid

selgas-cano-office-madrid-7
Ketika merancang kantor yang mengagumkan ukuran tidak lagi menjadi hal penting. Namun lebih membuat kantor menjadi salah satu tempat yang paling santai untuk bekerja. Gambar diatas adalah Selgas Cano Office, yang dirancang oleh Iwan Baan dan terletak di hutan dekat Madrid Spanyol. Kantor ini terang dan lapang, dengan garis-garis bersih dan detail warna-warni, menjadikannya tempat yang bagus untuk bekerja.

 

2. Google Office – Zurich

google office zurich
Bukan rahasia lagi bahwa Google memang sangat menyenangkan, perusahaan yang segar, dengan karyawan yang berdedikasi, dan bagian dari rahasia di balik karyawan tersebut adalah kantor yang mengagumkan. Google menempatkan banyak waktu dan uang untuk membuat lingkungan kerja yang sempurna, pencampuran bisnis dengan kesenangan sehingga staf dapat bersantai dan mengisi semangat selama istirahat mereka. Google mengembangkan kreativitas dan pemikiran yang sangat beralasan di balik desain kantor mereka, memberikan setiap karyawan dengan ruang bagi mereka untuk menjadi kreatif.

Ada aturan yang diterapkan oleh Google bahwa tidak ada orang yang boleh berada lebih dari 100 meter dari makanan, sehingga Anda akan menemukan dapur di mana-mana, serta kantin yang mengagumkan di mana setiap karyawan diberi makan tiga kali sehari, secara gratis.

 

3. Red Bull Office – Soho, London

red bull office
Red Bull memiliki kantor dengan karakter bangunan besar, sebuah bangunan yang menarik dengan banyak ruang dan fitur keren. Red Bull bukan hanya tentang minuman energi. Kantor ini berkapasitas hingga 100 orang untuk datang dan berkolaborasi serta berkreasi bersama-sama dalam ruang-ruang yang unik. Ini adalah ruang kerja yang sempurna untuk Londoner muda yang ingin berkreasi dengan salah satu perusahaan paling menarik.

 

4. AOL Head Quarters – Palo Alto, California

AOL-Details-350
Bukan rahasia lagi bahwa AOL telah mencoba membuat perubahan besar dengan pembelian website seperti Techcrunch dan Huffington Post, dan mereka baru saja memiliki perombakan besar-besaran dari markas mereka. Kantor ini adalah segala sesuatu yang Anda harapkan dari perusahaan internet besar dengan dapur besar, percikan warna, area relaksasi yang tak lupa meja biliar yang berjumlah cukup banyak. Ruang kerja yang sempurna dan santai.

 

5. Parliament – Portland, Oregon

parliament1
Ini adalah sebuah perusahaan yang dengan lingkungan kerja yang membahagiakan dan nyaman, tetapi dengan sedikit sentuhan berbeda dengan beberapa perusahaan dalam daftar ini. Desain kantor ini melibatkan banyak reklame atau bahan daur ulang seperti simbol di jalanan dan kayu dari gudang sebuah gereja.

 

6. Dreamhost – La Brea, California

dezeen_Dreamhost-by-Studio-OA_05
Dirancang oleh desainer yang merancang kantor AOL dan Facebook, kantor Dreamhost adalah salah satu dari desain kantor mereka dengan ruang terbuka yang cerah, untuk mendorong interaksi antara staf. Desain seperti ini mungkin mulai muncul sangat umum, tapi hal semacam ini hanya terjadi ketika memiliki budget besar. Jendela kaca besar membuat lingkungan pekerjaan menjadi ringan, jauh dari lampu yang keras. Kesan santai terdapat ketika kita melihat ada meja pingpong yang bisa digunakan ketika waktu senggang mereka.

 

7. Comvert – Milan, Italy

01-700x467
Ini harus menjadi salah satu bangunan paling keren untuk sebuah kantor, yang muncul ketika perusahaan pakaian Comvert sedang mencari ruang baru bagi markas mereka. Selama pencarian, tertuju pada bioskop tua yang tampaknya menawarkan solusi sempurna. Ukurannya cukup besar untuk kantor mereka. Namun ada satu masalah yang mereka hadapi, ketika mendapati ruang untuk penonton, mau dibuat seperti apa? Jawabannya mereka ternyata unik, dan inspiratif, namun tidak meninggalkan kesan sederhana. Sudah lihat kan bagaimana mereka memodifikasi ruang penonton?

 

8. Facebook – Palo Alto, California

facebook-office-lounge
Kantor Facebook sedikit berbeda dengan kebanyakan perusahaan lain. Lingkungan kerja yang luar biasa dengan ruang terbuka besar untuk bekerja, dan area relaksasi yang luar biasa dengan tempat untuk skate dan DJ. Semua ini dikombinasikan dengan modern, nyaman, dan stylist yang berarti bahwa Facebook adalah salah satu tempat terbaik untuk bekerja dan bermain.

 

9. YouTube – San Bruno, California

Youtube-1
YouTube adalah sebuah perusahaan yang menarik. Denah besar dan terbuka serta fasilitas bagi karyawan mendominasi perkantoran ini. Mereka dapat bersantai dengan sedikit ruangan utama, bebas berkeliaran, makan, bermain game, berenang, dan kegiatan olahraga tertentu. Bisnis dan kesenangan semua digulung menjadi satu di YouTube, dengan harapan bahwa staf akan santai dan cukup terinspirasi untuk datang dengan ide-ide baru dan bekerja dengan baik bersama rekan-rekan mereka.

 

10. Dtac Headquarters – Bangkok

2010_19_4664_03_dtacHouse_PirakAnurakyawachon_1
Baru-baru ini, Dtac memutuskan untuk mengakhiri ruang kantor terpisah di seluruh kota Bangkok, dan membawa semua enam bangunan di bawah satu atap, yang kebetulan menjadi kantor terbesar di Thailand dalam sejarah. Kantor ini menempati sekitar 650.000 meter persegi. Langkah dan desain mencerminkan keinginan perusahaan untuk menjadi perusahaan pilihan, meningkatkan kerja sama dan komunikasi, memperkuat tujuan bersama, meningkatkan kreativitas” dan membuatnya lebih mudah untuk bereaksi dengan cepat terhadap perubahan kondisi.

 

11. Gummo – Amsterdam, The Netherlands

gummo
Gummo menyewa ruang di lantai pertama dari gedung tua di Amsterdam selama dua tahun. Segala sesuatu di kantor ini sesuai dengan gaya rumah bertemakan putih dan abu-abu. Semua perabotan lokal bersumber dari eBay, toko-toko amal dan apa pun yang tersisa di kantor lama mereka. Kemudian mereka semprot dengan cat ramah lingkungan agar sesuai dengan skema warna baru.

 

12. Lego – Denmark

lego
Jika Anda seperti karyawan LEGO, maka kantor yang ideal untuk Anda akan dikelilingi oleh Lego di sepanjang harinya, dan seperti itulah bagaimana rasanya bekerja di LEGO. Warna-warni tata letak terbuka telah mendorong interaksi dan bermain antara staf, dalam upaya untuk membangun imajinasi mereka. Ruang pertemuan semua penuh dengan cahaya, warna-warni, dan terbuka, dan bervariasi dalam ukuran tergantung pada penggunaannya. Tetapi mereka semua dirancang untuk satu hal : menyediakan lingkungan kerja yang bahagia dan nyaman untuk meningkatkan perkembangan moral dan produk. Seluruh kantor dirancang sedemikian rupa sehingga siapa pun dapat bermain dengan lego dan datang dengan sesuatu yang baru.

 

13. Zappos – Las Vegas, Nevada

zappos
Jika Anda tidak berasal dari Amerika, maka Anda mungkin tidak pernah mendengar Zappos, tetapi yang perlu Anda tahu bahwa mereka perusahaan besar, pada kenyataannya, mereka pengecer sepatu online terbesar di dunia. Kepuasan pelanggan adalah rahasia di balik kesuksesan mereka, dan itulah sebab mengapa mereka terkenal. Mereka adalah bagian dari salah satu situs yang paling sukses di internet, dengan pemilik baru mereka yaitu Amazon.com. Tidak seperti sebagian besar perusahaan dalam daftar desain kantor keren ini, Zappos mendorong setiap karyawan untuk membuat desain ruang sendiri, dengan dekorasi, mainan dan pernak-pernik. Ini berarti bahwa setiap bilik meninggalkan kesan unik. Staf bahkan mendapatkan suara dalam desain ruang konferensi.

 

14. KBP West Offices – San Francisco, California

kbp west office
Kantor dan konferensi bangunan yang unik ini terdiri dari tiga sayap, yang dipisahkan oleh dinding bergeser. Ada ruang / konferensi perpustakaan dengan kursi putar kayu, kamar berbentuk aneh dengan langit-langit miring dan dinding papan tulis. Ini adalah kantor sebuah perusahaan periklanan di San Francisco, dan kantor-kantor mereka yang unik dirancang untuk merangsang kreativitas mereka yang bekerja di dalamnya. Dan ketika saatnya untuk istirahat, selalu ada taman dalam ruangan, atau ruang makan besar dan berwarna-warni, di mana staf dapat bersantai dan melakukan sosialisasi.

 

15. Big In Japan – Dallas, Texas

big in japan
Sungguh menakjubkan ketika melihat betapa cepat perusahaan teknologi yang berkembang hingga saat ini. Big In Japan adalah aplikasi pengembang di Dallas yang dimulai pada tahun 2008 hanya dengan memenangkan penghargaan. Mereka sekarang berada di kantor yang terus berkembang dan modern yang berfokus pada rencana kerja dan dekorasi terbuka yang sejuk. Seperti kebanyakan kantor dalam daftar ini, BIJ telah telah memilih ruang konferensi berdinding kaca untuk memberikan kesan bersih. Untuk relaksasi, selalu ada Rock Band dan berbagai konsol game, dengan sofa kulit yang nyaman dan kursi pengunjung untuk menikmati beberapa acara televisi. Big In Japan memahami bahwa untuk dapat membuat hal-hal menyenangkan, Anda harus dapat bersenang-senang.

16. Traction Marketing Group – Oklahoma City, Oklahoma

tracktion marketing group
Traction Marketing Group dimulai dengan hanya sebuah gudang polos dan mereka tertantang untuk menjadi kreatif dengan itu. Dengan warna di setiap dinding, ada campuran yang menarik antara biru, hijau, coklat dan abu-abu yang tersebar di seluruh kantor besar dan terbuka ini. Mereka telah melakukan kreatifitas kantor dengan pencahayaan neon yang keras, dan memilih pencahayaan bukan dari spot. Lantai beton mulus adalah tuan rumah beberapa daerah tempat duduk di mana karyawan dapat beristirahat. Seluruh bangunan ini dirancang untuk mencerminkan gaya perusahaan bisnis dan mereka bisa tahu dari pengalaman bahwa dengan memiliki pendekatan yang sama dengan tempat mereka bekerja, maka akan menghasilkan hasil yang lebih baik.

 

17. LivingSocial – Washington, D.C.

livingsocial
LivingSocial
membutuhkan tempat yang besar, baru, dan nyaman untuk ruang kerja mereka, yang mencerminkan visi perusahaan dan mendorong staf untuk berinteraksi dan berkolaborasi. Bata ekspos, pintu antik, dan jendela tua dapat dilihat di kamar yang sama dengan dinding dengan cermin besar, mesin game, dan TV layar datar.

 

18. ThinkGarden – Milan, Italy

thinkgarden
ThinkGarden
memahami bahwa untuk melakukan pekerjaan, kita harus menghabiskan sebagian besar waktu kita di dalam ruangan, tapi tidak ada alasan untuk tidak menyatu dengan alam. Seluruh kantor mereka dirancang untuk mencerminkan alam dengan batu, bunga, pohon, dan posisi meja yang tidak biasa. Bahkan dinding dirancang agar terlihat seperti Anda berada di tengah-tengah hutan, dan perabotan putih terang kontras dengan tanaman hidup.

 

19. Pallotta TeamWorks – Los Angeles, California

palotta teamworks
Kantor ini berbeda dengan yang lain pada daftar karena satu alasan, dan itulah adalah masalah biaya, yang memaksa desainer untuk berpikir di luar batas biasa, tetapi harus secara baik. Anda lihat, karena ini harus dilakukan dengan anggaran yang ketat, mereka mengambil untuk menyesuaikan sekelompok kontainer pengiriman dan mengubahnya menjadi ruang kantor di dalam gudang besar. Desain unik dan warna segar membuat lingkungan kerja yang agak menarik, itu bukan hanya murah untuk suatu bangunan, tapi juga murah untuk dijalankan. Pallotta TeamWorks adalah sebuah organisasi amal yang mengkhususkan diri dalam mengumpulkan uang untuk kebutuhan yang berbeda, melalui dari menyusun acara penggalangan dana bagi orang yang membutuhkan, sampai meningkatkan puluhan juta dolar setiap tahun untuk beramal.

 

20. Corus Quay – Toronto, Canada

corus qoay
Ini adalah salah satu kantor terbesar dalam daftar desain kantor ini, dan menjadi salah satu yang paling menyenangkan. Kantor ini memang sangat besar, luasnya mencapai 500.000 meter persegi, dan rumah bagi Corus Entertainment. Ini diberi label bangunan cerdas Toronto. Bangunan menyatukan 1.100 staf yang ditempatkan di 11 bangunan terpisah, ke dalam lingkungan kantor terbuka dengan beberapa ruang sosial dan lounge di atas studio dan beberapa tv. Bangunan ini diperuntukkan untuk semua karyawan agar bersenang-senang dan untuk menciptakan dorongan produktivitas, sehingga membantu perusahaan untuk terus tumbuh.

 

Setelah melihat beberapa desain kantor yang unik dan menarik, apa yang kemudian Anda pikirkan? Ingin datang langsung kesana dan melihat bagaimana suasana di dalam kantor tersebut? Sepertinya, pikiran Anda sama dengan Saya. Jika Anda memiliki sebuah masukan, silakan Anda berbagi dengan kami.


Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.

  • samudera furniture

    kantor-kantor di indonesia ada gag yg design unik seperti itu ? minimal furniture kantornya unik2 seperti kantor google ?