Business-plan-made-of-post-it-notes-1024x680

Menjadi seorang freelancer berarti anda memiliki banyak kebebasan. Bebas memulai jam kerja, bebas memilih pekerjaan yang anda inginkan, bebas dari keharusan masuk kantor dan berhadapan dengan atasan, serta makna bebas yang lain. Tetapi menjadi seorang bos bagi diri sendiri juga berati kita harus punya rasa disiplin dan pandai memanage waktu kerja kita sendiri . Setiap orang akan memiliki aturan kerja yang berbeda.Karena itu sebagian dari tips yang saya berikan bagi seorang freelancer dibawah ini mungkin sudah anda jalankan, untuk lebih jelasnya, mari kita lihat :

1. Membuat sebuah perencanaan marketing/ business plan.  Hal ini harusnya menjadi hal yang  utama bagi seorang freelancer, membuat sebuah perencanaan diatas kertas akan membantu kita untuk berkomitmen terhadap tugas kita. Business plan atau marketing plan juga menyangkut rencana jangka panjang yang akan kita gunakan.

2. Membuat rencana untuk sehari kedepan. Selain business plan, anda juga harus memiliki rencana untuk satu hari kedepan.  Gunanya untuk lebih mengarahkan pekerjaan kita secara lebih mendetail. Dengan adanya rencana untu satu hari kedepan, kita akan tahu apa yang kita kerjakan esok hari, sehingga menghindarkan kita dari ketidak efektifan kerja. Ingat, bagi seorang freelancer, kematangaan rencana kerja berarti  memiliki tambahan banyak waktu luang.

3. Belajar untuk menolak. Maksud dari statement tersebut, mencoba memberi peringatan bagi para freelancer untuk berani menolak sesuatu yang tidak dapat mereka kerjakan. Terkadang jika situasi usaha kita sedang berada diatas, sulit bagi kita untuk berkata tidak, jika klien terus berdatangan. Tetapi sangatlah bijaksana jika kita bisa mengukur kemampuan kita sendiri dan berani mengatakan tidak ketimbang pada akhirnya kita memberi janji yang tidak dapat kita tepati.

4.Buatlah alamat Website. Di zaman  serba internet ini, memiliki sebuah alamat website berarti memiliki banyak akses kemudahan.  Dengan adanya website, anda bisa terhubung dengan klien atau calon klien anda dari segala penjuru dunia tanpa batasan ruang dan waktu. Anda bisa menempatkan semua profile, design kerja,acces berkomunikasi hanya dalam satu website.  Dan jika anda kesulitan atau belum  faham tentang pembuatan dan kesulitan menentukan design website yg menarik, anda bisa menghubungi orang yang ahli di bidang tersebut.

5.Up date web site anda secara teratur. Jika anda seorang freelancer yang sedang ingin profile anda selalu terlihat aktif, maka tidak ada salahnya anda selalu memperbaharui isi dari website anda. Buatlah program-program baru, tawaran-tawaran baru atau sekedar menuliskan artikel yang berkaitan dengan usaha anda dan tips-tips  yang bisa mengesankan anda sebagai seorang expert di bidangnya.

6. Berikan sesuatu yang gratis. Jika seorang calon klien mengunjungi website anda dan mulai bertanya untuk menujukkan minatnya, tidak ada salahnya anda menawarkan sesuatu yang gratis pada awalnya. Ingat, memberi yang gratis itu lebih cepat meningkatkan respon pelanggan. Taruhlah anda adalah seorang desain interior, maka buatkan 1-2 contoh gambar desain interior secara gratis untuk menarik minat calon klien anda.

7.Buatlah logo yang menarik. Sebuah usaha, biasanya lebih dulu dikenal melalui logo usahanya. jika anda seorang freelancer yang mengurusi usaha anda sendiri, maka ada  baiknya anda mulai memikirkan untuk memiliki logo perusahaan yang menarik. Diskusikan pembuatan design logo tersebut pada orang yang mengerti dan memahami pembuatan dan makana dari sebuah logo.

8. Gunakan sosial media. Untuk saat sekarang ini, anda bisa memastikan bahwa hampir setiap orang mengenal sosial media. Dengan berinteraksi di sosial media, kita bisa mendapatkan banyak teman, baik yang dulunya kita kenal atau tidak. Jadi menggunakan sosial media sangat berpotensi agar usaha anda sebagai freelancer banyak dikenal orang.

9.Mengantisipasi Kekurangan. Kekurangan yang dimaksud disini adalah kekurangan finansial. Anda tahu bahwa sebagai freelancer anda bekerja tanpa kepastian. Jika usaha anda cukup dikenal dan kemampuan anda  banyak dibutuhkan, maka bukan tidak mungkin  anda akan memperoleh surplus secara pemasukan, tetapi bukan tidak mungkinkadang sesuatu berjalan tidak sesuai rencana, untuk mengantispasi hal tersebut, ada baiknya kita bijak dalam menyisihkan pemasukan kita.

10. Jadilah orang kreatif. Menjadi kreatif berarti anda menjadi pintar melakukan sebuah inovasi. dengan kreatifitas, anda juga tidak perlu melakukan pengeluaran secara habis-habisan. Kreatifitas bisa mulai  dari banyak cara. Mulailah mendekorasi ruangan anda, atau hanya sekedar mengganti tampilan website anda dengan warna yang berbeda, itu juga merupakan sebuah kreatifitas.

11. Memberi reward pada customer yang loyal. Anda tahu khan, bahwa mempertahankan konsumen yang loyal itulebih berati dan lebih murah, ketimbang mengedukasi costumer baru. Jadi pastikan konsumen yang setia pada anda, memperoleh reward  yang pantas dari loyalitasnya. Anda bisa memberi perhatian lebih atau diskon khusus bagi mereka.

12.Perlakukan kostumer seperti raja. Jika anda mau, anda bisa memperlakukan kostumer anda seakan-akan bahwa dia adalah satu-satunya kostumer yang anda miliki. Sehingga anda memperlakukannya secara  istimewa. Hal ini penting bagi seorang freelancer  supaya anda memiliki loyal costumer di kemudian hari.

13.Bekerja pada waktunya. Sebagai freelancer anda bebas menentukan jam kerja anda, tetapi kadang hal ini bagi sebagian orang menjadikannya kurang berkomitmen tentang jam kerja nya sendiri. Sehingga penundaan pekerjaan jadi hal yang paling sering terjadi. Jika anda ingin sukses sebagai freelancer, maka patuhilah jam kerja yang anda buat sendiri.

14.Tahu kapan harus berhenti dan memulai. Karena jam kerja nya terserah anda, maka anda harus bisa merasakan  kebutuhan jam kerja yang ideal bagi anda sendiri Bekerja pada jam ekstra memang tidak ada salahnya, namun anda juga harus bisa berhenti jika itu tidak efisien dan  anda harus tahu kapan anda beristirahat sejenak dari kesibukan.

15. Keluarlah dari kotak anda. Jika anda seorang freelancer yang bekerja di rumah, maka anda juga harus punya  waktu untuk keluar dari rutinitas anda.Hal ini selain memberi dampak positif untuk energi yang akan anda butuhkan pada jam-jam sibuk, juga memberi anda ide-ide baru yang siap diterapkan pada usaha anda.


Tri Ani

Writer di sribu.com, private teacher, pelaku bisnis di bidang konveksi. Sangat menyukai buku dan kopi. Tertarik pada semua hal yang berhubungan dengan tantangan.