Mungkin pepatah “tidak akan ada kesempatan kedua” akan berlaku pada saat bisnis Anda memberikan kesan pertama yang buruk kepada calon klien. Dalam berbagai usaha yang Anda lakukan untuk menarik perhatian customer Anda, pastikan Anda melakukannya dengan baik. Apalagi jika Anda menggunakan iklan untuk mendapatkan perhatian target market! Biaya yang dikeluarkan pastinya tidak sedikit sehingga iklan tersebut bukan hanya harus kreatif, namun juga efektif.

Para pelaku bisnis biasanya sudah mengerti banyak hal mengenai pembuatan iklan kreatif. Pengetahuan seputar pembuatan iklan kreatid ini tentunya akan berguna bagi Anda untuk membangun chemistry yang tepat antara brand dengan target market Anda. Pada saat Anda menggunakan iklan untuk memasarkan produk Anda, di saat itu juga iklan sudah menjadi tulang belakang bisnis Anda. Berikut adalah 15 iklan yang berhasil memancing rasa penasaran audiencenya yang dapat dijadikan contoh bagi Anda!

 

Kinkos

Botol besar tersebut adalah tiruan bentuk botol correction pen  dengan brand Kinkos yang diletakkan pada satu sisi jalan. Dengan menggunakan figur sebesar itu, tentu iklan ini akan menarik perhatian banyak orang dan menimbulkan rasa penasaran dengan mendekat dan membaca apa yang tertulis pada figur tersebut.

1

 

FedEx

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan cargo ini? FedEx adalah salah satu perusahaan cargo yang sangat terkenal di dunia. Iklan ini nampak begitu mencolok karena truk yang digunakan FedEx nampak seperti mengangkut cargo milik UPS (salah satu kompetitor FedEx).

2

 

Australia Post

Iklan ini sungguh menarik perhatian karena memperlihatkan pose perempuan yang sedang berpelukan dengan kata-kata yang menyerupai seperti tubuh orang. Pesan yang disampaikan melalui iklan ini juga sangat tepat sasaran, yakni “If you really want to touch someone, send them a letter“. Dengan iklan ini, audience akan terpancing dan merasa ingin mengirimkan surat kepada kerabatnya yang berada jauh dengannya.

3

 

Sprite Ice Blue

Iklan ini memberikan kita gambaran yang sangat ekstrim mengenai sensasi dingin yang ditawarkan dari Sprite. Segi visual iklan ini sangat mencolok sehingga bisa menarik perhatian audience yang melihatnya baik sekilas maupun dari kejauhan.

4

 

Glassex Cleaner

Produk pembersih kaca ini menggunakan iklan yang sungguh membuat penasaran. Gambaran ikan yang menggunakan helm ini menunjukkan bahwa ia tidak bisa mengetahui batas kaca akuariumnya sendiri karena kejernihan kaca akuarium tersebut. Secara tidak langsung iklan ini menunjukkan betapa bersihnya sebuah kaca jika dibersihkan dengan Glassex Cleaner.

5

 

WMF knives

Iklan pisau ini memberikan informasi kepada audience bahwa pisau WMF sangat tajam hingga bisa memotong talenan kayu milik Anda.

6

 

Nivea Beauté

Nivea Beauté adalah produk supplemen untuk kuku Anda agar menjadi kuat dan tidak mudah patah. Iklan ini sangat berhasil memberikan gambaran yang ekstrim sekaligus unik sehingga seolah-olah dengan menggunkan produk ini, Anda mampu membuka kaleng hanya dengan kuku Anda.

7

 

Snickers

Melalui iklan ini, Snickers mencoba untuk menggambarkan kelezatannya sekaligus mempromosikan bahwa Snickers menambah volume produknya sebanyak 50%. Terlihat sebuah gambar di mana seorang pria menelan Snickers tanpa mengunyahnya hingga tersangkut di tenggorokan.

8

 

Rubik’s Cube – 25th Aniversary

Pada ulang tahunnya ke-25 Rubik menggunakan iklan yang sangat simple nampun begitu menarik perhatian. Ia menggunakan talent yakni pria bertubuh besar yang menggunakan atribut anak-anak sambil memainkan Rubik. Hal ini menunjukkan bahwa Rubik merupakan permainan semua orang tanpa pandang umur.

9

 

UNICEF – Don’t ignore me

Iklan ini menghimbau audience untuk lebih peduli kepada anak jalanan yang tidak memiliki rumah dengan sangat baik. Gambarannya begitu nyata dan juga memancing emosi audiencenya.

10

 

Land Rover UK – More pull

Land Rover UK menunjukkan kemampuan utama dari mobil ini, yakni kekuatannya dengan penggambaran yang baik pada iklan ini sehngga seakan-akan mobil Land Rover mampu menarik semua benda di sebelahnya.

11

 

Heineken DraughtKeg – Made to entertain.

Dengan slogan “Made to Entertain“, Heineken menggunakan iklan yang baik dengan memanfaatkan tumpukan kaset CD yang menyerupai bentuk kemasan Heineken. Dengan menggunakan tumpukan CD tersebut, audience diberi gambaran bahwa Heineken bisa memberi mereka kesenangan layaknya saat mereka mendengarkan sebuah lagu.

12

 

M&M – Communication just got sweeter

“Komunikasi akan terasa lebih manis”. pesan ini tersampaikan dengan baik karena iklan ini menggunakan butiran coklat M&M yang manis untuk menggantikan keyboard sebagai salah satu media untuk berkomunikasi. Keren kan?

13

 

Mr. Hot Pepper

Pernahkah Anda merasakan pedas yang begitu menusuk lidah hingga rasanya kepala Anda ingin meledak? Inilah bentuk visualnya yang begitu menarik dan unik yang disajikan oleh Mr. Hot Pepper.

14

 

WWF – Don’t cut the rain forest.

Menjadi peduli terhadap lingkungan bukan hanya tanggung jawab seseorang atau sekelompok orang. Maka dari itu, WWF menggunakan iklan untuk membangkitkan kepedulian audience terhadap lingkungan dan menyadarkan audience terhadap berbagai isu lingkungan yang ada. Dengan iklan ini, WWF menyampaikan bahwa audience sebaiknya tidak melakukan penebangan hutan secara terus menerus sehingga dapat menjaga kelangsungan hidup satwa di sana.

15

 

Dengan melihat iklan-iklan di atas, apakah Anda sudah membayangkan iklan seperti apa yang akan Anda gunakan untuk memperkenalkan bisnis Anda atau meningkatkan penjualan produk Anda? Segera pikirkan iklan untuk bisnis Anda dan buatlah desain poster iklan yang baik. Disamping membuat poster, Anda juga bisa membuat iklan baris yang efektif. Semua tergantung bagaimana Anda menempatkan desain yang tepat ke dalam bisnis Anda. Iklan sangatlah vital dalam bisnis Anda sehingga Anda harus memikirkan baik-baik bagaimana konsep dan desainnya, sehingga Anda tidak akan kehilangan calon pelanggan Anda.


Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.