Dalam dunia desain, tipografi menjadi hal yang sangat lumrah. Beberapa dari mereka mewajibkan untuk menguasai seni ini. Elemen huruf yang unik ini menjadi sebuah trend dalam menciptakan karya yang inovatif. Jika Anda ingin mempelajari, sudah saatnya Anda mencari tau contoh tipografi yang sudah pernah diposting oleh Sribu. Tipografi bisa juga dikatakan sebagai “visual language” atau dapat berarti “Bahasa yang dapat dilihat”. Puncak perkembangan tipografi, terjadi kurang lebih pada abad 8 SM di Roma saat orang Romawi mulai membentuk kekuasaannya. Karena bangsa Romawi tidak memiliki sistem tulisan sendiri, mereka mempelajari sistem tulisan Etruska yang merupakan penduduk asli Italia serta menyempurnakannya sehingga terbentuk huruf-huruf Romawi. Pelajari juga hal yang perlu diwaspadai dalam proses pembelajaran seni tulis unik ini. Berikut akan kami tulis 13 Blog Typography yang Harus Anda Baca.

 

1. I Love Typography

typography_blog_01ilovetypography

 

I Love Typography (ILT) lahir pada 7 Agustus 2007. Ada karena sang pemilik memiliki semangat untuk tipografi, jenis desain, dan huruf, dan kata-kata yang lahir dari mereka yang disiplin. Sebagai seorang anak dia bertanya-tanya mengapa guru memintanya untuk menarik surat dengan huruf o dengan ekor. Situs ini bertujuan untuk membuat subjek agar lebih mudah diakses, untuk membawa ilmu tipografi kepada orang awam.

 

2. The FontFeed

 

 

typography_blog_02thfontfeed

 

Sang penulis “Erik Spiekermann” telah menerbitkan video tentang toko percetakan bersama rekannya di P98a di Berlin. Meskipun penonton pada umumnya mengenalnya sebagai “digital” desainer sukses dan diakui 290K pengikut di Twitter. Penciptaan beberapa tipografi digital yang sangat populer telah menjadi faktor konstan dalam karirnya. Selama studinya di Free University di Berlin, Erik mendanai sendiri dengan membuka usaha mesin cetak di ruang bawah tanah di rumahnya (yang telah hangus dibakar pada tahun tujuh puluhan), dan tahun lalu Anda bisa menemukannya lagi, bahwa dia sedang bekerja keras di TYPO Berlin 2013 Printing Workshop.

 

3. Type Worship

typography_blog_03typeworship

 

Type Worship adalah blog resmi dari majalah 8 Faces. Menampilkan inspirasi tipografi, huruf yang indah, ulasan, wawancara dengan desainer terkemuka, dan konten eksklusif dari publikasi dua tahunan yang sangat didambakan. Dikuratori oleh Jamie Clarke dengan Elliot Jay Stocks.

 

4. The Ministry of Type

typography_blog_04ministryoftype

 

Disini akan sedikit menjadi desain nostalgia karena bukan soal penemuan baru dalam dunia web.  Sang Desainer Nick Job pertama kali memulai arsip ini dari identitas manual di British Rail pada tahun 2011. Menggunakan Alfabet British Rail dan pedoman signage yang juga digunakan oleh Bandara British Authority dan National Health Service  dan menjadi  standar pemerintah seperti yang pernah dikelola di Inggris.

 

5. Type for You

typography_blog_05typeforyou

 

Type for you adalah blog tentang tipografi yang membawakan Anda sebuah berita dan wawancara dari para sumber dari seluruh web.

 

6. Good Typography

typography_blog_06goodtypography

Adalah jasa pembuatan gambar typography untuk personal maupun perusahaan. Semua gambar yang ada di blog ini adalah milik pelanggan mereka. Perubahan atau penghapusan gambar adalah sesuai dengan permintaan pelanggan.

 

7. Typographica

typography_blog_07typographica

 

Typographica adalah pengulasan kembali seni tipografi dan jenis buku, dengan sesekali menyediakan komentar pada font dan desain tipografi. Diedit oleh Stephen Coles dan dirancang oleh Chris Hamamoto. Didirikan pada tahun 2002 oleh Joshua Lurie-Terrell. Diluncurkan kembali pada tahun 2009 oleh Coles dan Hamamoto.

 

8. Typostrate

typography_blog_08typostrate

Typostrate ditemukan pada tahun 2011 dan dimulai sebagai proyek paralel untuk  goldesign desain blog. Ide perancang muncul untuk membuat blog sederhana tentang tipografi dan untuk melihat apa yang terjadi dengan itu. Setelah diposting pertama sebanyak 200 posting gambar pada tahun 2011 si pencipta diminta untuk menyediakan divisi tumblr tipografi. Itu adalah saat blog ini mulai menjadi lebih besar. Di awal tahun 2013 blog ini telah menulis lebih banyak informasi karena memiliki kualitas lebih baik dibandingkan kuantitas. Pada akhir tahun 2013 blog ini memutuskan untuk membuat situs yang nyata dan mengagumkan.

 

9. Fonts In Use Blog

typography_blog_09fontsinuse

Font In Use adalah Ruang untuk informasi biografis, dan link ke sumber-sumber dan tipografi terkait. Blog ini membebaskan semua orang untuk berkreasi dengan tipografi.

 

10. Typedia: Blog

typography_blog_10typedia

Singkatnya, Typedia adalah situs komunitas untuk mengklasifikasikan tipografi dan mendidik orang-orang tentang seni tulis ini. Siapa saja dapat bergabung, menambah, dan mengedit halaman tipografi.

“Kami menyukai tulisan, dan kami memiliki keinginan yang membara untuk belajar sebanyak mungkin tentang tipografi, darimana tipografi berasal, siapa yang membuatnya, dan mengapa mereka melihat cara membuatnya. Kami ingin semua orang dapat berbagi dalam pengetahuan yang kaya dan menikmati seni dan seniman dari jenis desain. Seiring waktu, kita harus berpikir Typedia bisa tumbuh menjadi sumber daya pendidikan yang besar bagi orang-orang untuk belajar tentang tipografi favorit mereka dan menemukan hal yang baru dalam hidup mereka”, kata sang pemilik blog ini.

 

11. Typography.com Blog

typography_blog_11typographydotcom

Bentuk Sebuah font mungkin sengaja dirancang, tapi kita harus menemukan maknanya. Secara normal, hidup kita dikelilingi oleh tipografi yang ternyata benar-benar sangat unik. Untuk para desainer di Hoefler, yang merancang dengan font dan bahkan saat itu masih bentuk gambar tangan, namun justru itu adalah bagian penting dari proses kreatif. Cobalah melihat bagaimana font itu dibuat, terutama di perusahaan tipografi lain, hal ini membantu kita lebih memahami karakter , mengartikulasikan tujuan, dan menyempurnakannya. Untuk mengetahui 44 jenis font yang gratis bisa Anda gunakan bisa menuju ke artikel 44 Font Gratis Untuk Koleksi Anda

 

12. Type Theory

typography_blog_12typetheory

Kadang-kadang Anda hanya perlu sedikit kreatif. Type Theori adalah tempat percobaan seseorang untuk membuat sketsa. Dan tempat untuk menginspirasi diri Anda sendiri. Jika Anda sudah akrab dengan kaliber karya Steven Heller & Lita Talarico, maka Anda tidak akan kecewa dengan buku ini. Setelah menjelajahi beberapa halaman, Anda akan siap untuk mengambil pensil dan mulai membuat sketsa.

 

13. Typography Daily

typography_blog_13typographydaily

Blog ini menyediaka bagi siapa saja yang ingin berkreasi dengan tipografi. Typography Daily juga menyediakan jasa pembuatan desain web yang berkonsep “made by order”.

 


Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.