productivity

Seorang  pengusaha  pasti memiliki keinginan untuk lebih baik dan lebih produktif pada tahun-tahun yang akan dijalaninya kedepan. Beberapa pengusaha sukses bahkan terjebak pada produktifitas tingkat tinggi dan menggilai produktifitas itu sendiri. Lantas bagaimana dengan Anda yang belum memiliki tingkat produktifitas tinggi dan sedang merencanakan untuk lebih produktif? 11 tips dibawah ini akan membantu Anda untuk lebih produktif di tahun 2014!

1. Fokus pada satu masalah dalam satu waktu

Kita semua tahu bahwa mengerjakan satu masalah dalam satu waktu sangat menghemat energi dan meningkatkan produktifitas kerja. Kita jadi lebih fokus dan lebih mendalami masalah yang dihadapi secara komprehensif. Dengan begitu, kita tidak membuang-buang waktu dan dapat menyelesaikan pekerjaan kita lebih cepat. Dengan begitu Anda bisa beralih pada masalah lain lebih cepat, dan itu berarti Anda telah berhasil meningkatkan produktifitas kerja Anda.

2. Mengoragnisir kegiatan harian

Produktifitas sama halnya dengan manajemen waktu yang baik. Biasakan untuk mengorganisir kegiatan harian Anda. Mengetahui apa yang bisa Anda lakukan setiap hari akan memudahkan Anda  untuk meningkatkan produktifitas kerja Anda. Anda juga bisa membagikan kegiatan harian anda kepada para karyawan Anda, agar mereka pun dapat mengikuti pola kerja Anda dan memiliki visi yang sama dengan apa yang Anda lakukan.

3. Lakukan apa yang tidak ingin Anda lakukan

Anda mungkin bingung dengan pernyataan di atas, tapi seringkali masalah muncul karena kita selalu menghindari suatu hal, padahal tersebut sangat penting dan memiliki kontribusi yang besar pada bisnis Anda. Misalnya untuk bangun lebih pagi dan mengerjakan  sesuatu lebih awal. Hal yang selama ini mungkin Anda hindari tapi bisa meningkatkan produktifitas kerja, maka sebaiknya Anda coba lakukan.

4. Jangan terpaku pada kesempurnaan

Ingatlah pembelajaran dalam suatu bisnis tidak hanya datang dari hal-hal yang bersifat positif saja. Kadang ketika Anda memiliki sebuah kegagalan, namun berani mengaplikasikan ide tersebut dengan perubahan pada bagian negatifnya, mungkin saja ide tersebut dapat mengembangkan bisnis Anda secara pesat.

5. Beradalah dalam satu tempat

Kita bukan seorang super hero. Kita tidak mungkin bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu, dan kita memiliki keterbatasan tenaga dan pikiran. Karena itu Anda harus fokus pada apa yang Anda kerjakan dulu. Jika Anda butuh waktu untuk rehat sejenak bersama keluarga,maka lakukan hal itu, dan matikan hp atau semua alat komunikasi anda untuk sementara. Karena jika Anda sudah terbebas dari rasa stress Anda dan dapat fokus pada satu urusan saja, maka Anda bisa bekerja lebih baik.

productivity (1)

6.Jangan menyia-nyiakan kapasitas otak Anda

Beberapa orang yang super produktif, tidak menyia-nyiakan waktunya hanya untuk memikirkan hal-hal yang kecil. Bagi mereka itu memboroskan space memori di otak mereka. Dengan pola pikir seperti itu biasanya mereka lebih bisa menyelesaikan masalah yang besar dengan cara yang sederhana.

7.Menuliskan daftar hal-hal yang akan dilakukan

Kadang metode yang paling sederhana adalah justru metode yang terbaik. Francessa Gino, seorang professor di Harvard Business School, selalu menggunakan cara tradisional dengan membuat catatan tentang hal-hal yang ingin dilakukan, mengeceknya setiap saat dan menandainya jika sudah  selesai. Baginya cara mudah dan  sederhana seperti ini justru sangat membantunya untuk meningkatkan produktifitas.

8.Miliki partner kerja yang cukup dapat diandalkan

Kita semua tahu, jika kita bekerja sendiri dan mempertanggung jawabkan hasil kerja kita sendiri, terkadang kita jadi cukup mudah berputus asa, dan lengah. Untuk itu kita perlu mendapatkan partner kerja yang dapat diandalkan, memiliki akuntabilitas yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan produktifitas kerja kita di saat kita sedang merasa terpuruk.

9. Jangan terhubung dengan sosial media terlalu sering

Maksudnya adalah, sosial media adalah tempat kita bersosialisasi dan menemukan kawan. Jadi ketika kita ingin sejenak keluar dari aktivitas dan ingin beristirahat, sosial media justru akan membuat otak kita tetap bekerja. Tidak ada salahnya ngobrol melalui sosial media. Tapi hindari menggunakan sosial media pada saat Anda sedang ingin beristirahat. Bahkan Anda akan dapat merasa lebih baik dengan secangkir teh dan berjalan jalan di taman sehingga Anda mendapat udara segar dan bisa melanjutkan kembali pekerjaan Anda yang tertunda.

10. Kerjakan sebuah urusan secepat mungkin

Di sini kita tidak dianjurkan untuk mengerjakan suatu masalah dalam rentang waktu yang panjang. Jika Anda menerima permintaan seorang klien melalui e-mail, maka jangan mengambil posisi yang jauh darinya. Cepatlah memberi respon dan memberikan jawaban, jangan menunda nya. Makin cepat selesai, makin baik. Cobalah menyelesaikan segala urusan dalam sekali langkah.

productividad1

11.Satu masalah dalam satu waktu

Beberapa pengusaha sukses, terbiasa untuk menyelesaikan satu hal dalam satu waktu. Fokus dalam mengerjakan satu hal dalam satu waktu akan menjauhkan kita dari ketidakefektifan, menghindarkan dari masalah  dan menghemat energi kita, karena tidak memikirkan masalah berlarut-larut, dan yang pasti akan banyak membantu meningkatkan produktifitas kerja.

 

Sekian 11 tips untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda. Semoga tips ini bermanfaat dan dapat membuat bisnis Anda sukses dengan lebih cepat!


Tri Ani

Writer di sribu.com, private teacher, pelaku bisnis di bidang konveksi. Sangat menyukai buku dan kopi. Tertarik pada semua hal yang berhubungan dengan tantangan.