Sebagai pemilik bisnis, baik korporat, bisnis online maupun bisnis rumahan, tentu menginginkan kesuksesan. Kesuksesan dalam bidang bisnis tentunya takkan lepas dari kegiatan marketing. Berbagai teori seputar marketing dan kiat sukses dalam menjalankannya menjadi acuan pemilik bisnis untuk menjalankan kegiatan pemasarannya. Seringkali juga kita membaca berbagai tips untuk memasarkan bisnis online dan juga korporat, namun jarang sekali kita temukan bagaimana cara untuk memasarkan maupun tips khusus kegiatan marketing untuk bisnis rumahan.

Pada kesempatan kali ini, Sribu.com akan membagikan tips marketing untuk Anda yang memiliki bisnis rumahan. Berikut adalah kesepuluh tipsnya:

1.   Website untuk Bisnis Anda

          http Address

Meskipun bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis rumahan, menjalankan kegiatan marketing secara online juga akan memiliki pengaruh terhadap penjualan offline Anda. Anda dapat memulai kegiatan marketing secara offline dengan membuat website sederhana. Melalui Website yang Anda miliki, Anda dapat memperkenalkan bisnis apa yang Anda jalankan, produk atau jasa apa yang Anda tawarkan kepada target market dan juga bagaimana cara untuk menghubungi Anda. Pastikan semua informasi yang ada pada halaman website sudah akurat, tak lupa dengan desain website yang baik sehingga strategi marketing yang dijalankan akan berlangsung dengan baik.

2.   Local Search

 geolocatie-icon

Bagi pemilik bisnis rumahan, alamat dan akses menuju lokasi bisnis adalah hal yang penting. Dengan terdaftarnya lokasi usaha Anda di berbagai situs seperti Google Site dan Yahoo Local, maka bisnis rumahan yang Anda jalankan dapat diketahui dan diakses lebih mudah oleh calon pelanggan.

3.   Social Media

 social-marketing-ideas

Saat ini, social media adalah salah satu media komunikasi yang sedang digandrungi masyarakat. Media sosial seperti FB dan Twitter sudah tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi antara kerabat dan saudara, media sosial juga sudah digunakan sebagai media pemasaran atau promosi berbagai brand dan produk. Dengan menggunakan media sosial, Anda memiliki kesempatan untuk memperkenalkan dan mendekatkan bisnis rumahan Anda dengan target market.

4.   Case Studies

 CaseStudies

Case studies yang dapat Anda lakukan sebagai pemilik bisnis rumahan adalah dengan memberikan berbagai data valid yang menunjang pemasaran dan penjualan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda bisa mencari berbagai data ini melalui hasil penelitian yang pernah dilakukan dan dipublikasikan melalui internet. Atau Anda juga dapat melakukan riset kecil-kecilan mengenai produk ataupun jasa dari bisnis rumahan yang akan Anda tawarkan sehingga target market akan tertarik dengan tawaran Anda.

5.   E-Newsletter

 E-mail

E-Newsletter adalah sejenis buletin seputar bisnis Anda yang dikirimkan kepada pelanggan melalui email. Anda bisa mengirimkan e-newsletter setiap bulannya dengan berbagai informasi terbaru seputar bisnis Anda seperti promo, diskon, pembukaan cabang baru atau berita baik lainnya! Anda dapat menggunakan jasa pengiriman email massal dengan Mail Chimp dan jasa pengirim email massal lainnya.

6.   Blogging

 blogging-2

Blog adalah situs di mana Anda dapat mengupdate konten terkini seputar bisnis yang Anda jalankan melalui tulisan, gambar, video, maupun link. Anda dapat membuat blog melalui WordPress dan juga Blogger. Selain itu, Anda juga dapat menghubungi para pemilik blog populer untuk mempromosikan usaha Anda melalui blog postnya.

7.   Publisitas

 Mamamarketing_Etsy_beeld-3-841x1024

Dapatkan perhatian publik dengan menghubungi pihak media seperti majalah, maupun stasiun televisi untuk mempublikasikan bisnis rumahan yang Anda miliki. Semakin terkenal produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka semakin besar pula kemungkinan meningkatnya angka penjualan.

8.   Affiliate Programme

photography-website-traffic

Affiliate programme adalah salah satu kegiatan marketing yang dapat diatawarkan kepada pelanggan setia bisnis rumahan yang sedang Anda jalankan. Setiap kali pelanggan Anda membawa pelanggan baru kepada Anda, berikan ia reward berupa kupon diskon, free product atau berbagai jenis reward lainnya.

9.   Refferals

 2827715_m

Pastikan apapun kegaiatan bisnis rumahan yang Anda lakukan berjalan dengan baik, mengapa seperti itu? Setiap hal baik yang dapat memuaskan pelanggan, maka akan membuat kemungkinan baru, yakni rujukan untuk menggunakan jasa yang Anda tawarkan atau mencoba produk Anda yang diberikan pelanggan yang puas kepada calon pelanggan berikutnya. Semakin banyak rujukan yang bermunculan, maka semakin kuat word of mouth marketing bisnis rumahan Anda.

10.Public Speaking

 public-speaking-with-toastmasters

Jika Anda benar-benar memahami persoalan mengenai bidang produk atau jasa yang Anda tawarkan, jangan segan-segan utnuk menawarkan diri sebagai pembicara pada seminar seputar bidang tersebut. Melalui acara tersebut Anda dapat memperkenalkan produk maupun jasa Anda sehingga bisnis rumahan yang sedang Anda jalankan menjadi lebih dikenal masyarakat.

Dengan melakukan 10 tips dari Sribu.com di atas secara baik dan konsisten, niscaya bisnis rumahan yang Anda jalankan akan terkenal dan dapat mencapai kesuksesan. Namun, selain kesepuluh tips yang baru saja diberikan, Anda jangan sampai melupakan pentingnya tampilan luar bisnis rumahan Anda. Pastikan juga desain-desain yang digunakan pada brand Anda dapat menjadi satu bagian penting untuk strategi marketing yang akan Anda lakukan.

Keindahan desain yang digunakan pada bisnis rumahan Anda tentunya akan mempengaruhi kesuksesan Anda. Desain logo yang menarik, desain interior yang nyaman dan juga desain website yang interaktif dapat menarik perhatian sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk target market. Segera penuhi kebutuhan desain berkualitas untuk bisnis rumahan Anda  melalui Sribu.com sekarang juga!


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G