10 Tips Manajemen Waktu Yang Terbukti

Apakah Anda pernah berpikir? Bahwa semua yang Anda lakukan dalam kehidupan Anda sangatlah banyak. Mulai dari harus mengurus kehidupan sehari-hari pribadi Anda, keluarga Anda sampai pekerjaan Anda. Apakah Anda bisa menyeimbangkan manajemen waktu tersebut?

Manajemen waktu adalah hal yang sangat sulit dilakukan untuk siapapun, bahkan pengusaha sukses seperti Richard Branson sekalipun kadang kelabakan dengan waktu mereka. Anda harus belajar mengenai manajemen waktu dari sekarang. Cobalah dengan cara membuat jadwal. Paling mudahnya adalah manfaatkanlah gandget Anda untuk mewujudkan manajemen yang baik yaitu dengan membuat jadwal di kalender gadget Anda.

Sebagai pengusaha, Anda mungkin akan sering terputus atau ditarik ke arah yang berbeda. Meskipun Anda tidak bisa menghilangkan gangguan, Anda dapat mengatakan seberapa banyak waktu yang Anda akan habiskan pada orang lain dan berapa banyak waktu yang akan Anda habiskan pada pikiran, percakapan dan tindakan yang akan membawa Anda menuju sukses.

Semua itu harus Anda pertimbangkan sejak dini. Anda harus belajar mengenai apa itu waktu, bagaimana cara manajemen yang baik dan semua tentang pengaturan waktu dan kehidupan Anda. Tentunya Anda tidak ingin pekerjaan membuat Anda lupa dengan kehidupan sehari hari Anda, dan sebaliknya Anda juga tidak ingin kesenangan atas hobi Anda menjadi suatu hal yang membuat Anda lupa dengan kewajiban pekerjaan Anda.

Berikut adalah 10 tips manajemen waktu yang harus Anda coba.

1. Laksanakan jadwal dan rekam semua pikiran Anda, percakapan, serta kegiatan yang telah Anda lakukan selama satu minggu. Hal ini akan membantu Anda memahami berapa banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan dalam satu hari. Anda akan melihat berapa banyak waktu yang benar-benar menghabiskan hasil produksi dan berapa banyak waktu yang terbuang. Hal ini pun akan membantu Anda untuk belajar tentang manajemen waktu yang baik.

ToDo-List

2. Buatlah to-do list. Setiap aktivitas atau percakapan yang penting bagi keberhasilan Anda harus memiliki waktu yang ditugaskan untuk itu. Dengan adanya to-do list, waktu Anda akan lebih berguna setiap saatnya.

3. Rencanakan untuk menghabiskan setidaknya 50% dari waktu Anda untuk terlibat dalam pikiran, kegiatan dan pekerjaan yang menghasilkan sebagian besar hasil Anda

4. Jadwalkan waktu untuk interupsi. Rencanakan waktu untuk menarik diri dari apa yang Anda lakukan. Ambillah suatu konsep yang menarik, misalnya, konsep memiliki “jam kantor.” Bukankah “jam kerja” adalah cara lain untuk mengatakan “interupsi yang direncanakan?”

5. Ambil 30 menit pertama setiap hari untuk merencanakan hari Anda. Jangan memulai hari Anda sampai Anda menyelesaikan rencana waktu Anda. Waktu yang paling penting dari hari Anda adalah waktu Anda menjadwalkan untuk menjadwalkan waktu. Selain itu, hal ini juga berguna agar manajemen waktu Anda berjalan dengan baik tanpa harus mengganggu hal lainnya.

30-minutes-or-less1

6. Ambil lima menit sebelum setiap panggilan dan tugas untuk memutuskan apa target yang Anda inginkan untuk dicapai. Ini akan membantu Anda mengetahui apa yang tampak seperti keberhasilan sebelum Anda mulai. Dan itu juga akan membuat Anda tepat waktu dalam bekerja. Karena Anda sudah memiliki target dan semua jadwal yang direncanakan dengan baik.
DO-NOT-DISTURB-SIGN-DO-NOT-DISTURB-SIGN-NOTICE-PLAQUE-5159

7. Pasanglah tanda “Jangan diganggu” ketika Anda benar-benar harus melaksanakan pekerjaan yang harus diselesaikan dengan cepat.

8. Cobalah untuk tidak beralih ke handphone Anda hanya karena mendengar dering dari handphone Anda. Anda boleh melihatnya, tapi jika hal itu tidak penting, usahakan untuk mengalihkan perhatian Anda dari handphone Anda. Kecuali, itu pesan atau telepon dari rekan bisnis Anda. Kemudian, cobalah untuk menjadwalkan waktu untuk mengecek email, atau sekedar browsing di internet mengenai bisnis Anda, karena Anda juga membutuhkan pengetahuan mengenai hal itu.

9. Blokirlah gangguan lainnya seperti Facebook atau media sosial lainnya saat Anda bekerja. Kecuali, jika pekerjaan Anda berhubungan dengan media sosial.

10. Ingat bahwa tidak mungkin untuk mendapatkan semua yang sudah Anda rencanakan. Karena Anda hanyalah manusia biasa. Ingat juga bahwa peluang baik adalah 20% dari pikiran Anda, sedangkan percakapan dan kegiatan menghasilkan 80 persen dari hasil Anda.

Manajemen waktu hanyalah salah satu dari salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas Anda. Namun dengan menguasai satu hal ini, Anda akan melihat perbedaan yang nyata sebelum dan sesudah Anda terapkan. Dan apabila Anda adalah seorang pengusaha, maka Anda dituntut untuk lebih produktif dibandingkan apabila Anda adalah seorang profesional. Kami juga telah menulis beberapa artikel mengenai 15 hal yang dilakukan pengusaha sukses setiap harinya dan 10 hal yang dibawa pengusaha sukses ketika keluar rumah yang bermanfaat bagi Anda.


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G