18iy1g9sktbv7jpg

Menjadi seorang freelancer, bukanlah profesi yang bisa  langsung anda  masuki begitu saja. Namun menjadi freelancer bisa jadi membantu beberapa orang untuk memiliki pekerjaan sendiri tanpa harus terikat dengan banyak hal yang menjadi rutinitas pekerja. Jika anda ingin mulai menjadi freelancer, maka ada beberapa catatan yang perlu anda ketahui.

1. Menentukan waktu untuk teman dan keluarga. Jika anda tidak memiliki jadwal yang lebih flexibel bersama teman dan keluarga anda, maka itu sama halnya jika anda bekerja dikantor sebagai karyawan. Freelancer harusnya lebih memiliki banyak waktu untuk bersama orang -orang terdekat mereka.

2.Bekerja dan menjadi freelancer. Menjadi freelancer tidak harus merenggut waktu utama anda dalam bekerja. Anda bisa tetap bekerja di sebuah kantor disamping anda menjadi seorang freelancer. Jika hal ini memungkinkan, tidak mengacaukan jadwal anda, dan anda sanggup menjalani keduanya secara optimal, maka tidak ada salahnya anda tetap menjadi freelancer sembari mengurus pekerjaan tetap anda.

3.Memberi reward untuk  menarik perhatian. Jika anda menginginkan klien anda untuk membayar tepat waktu, atau melakukan repeat order pada usaha yang anda jalankan, maka tidak ada salahnya anda memberi mereka dengan reward. Anda bisa memberi potongan harga atau discount sebagai penarik perhatian mereka.

4.Menilai pekerjaan  dan membuat laporan. Dalam dunia maya, banyak orang yang bekerja sebagai freelancer. Lantas bagaiman kita dapat mengecek kinerja mereka secara bersamaan meskipun mereka tidak bersama kita dalam satu tempat. Anda bisa meminta mereka untuk mengirim hasil kerjanya melalui internet. Anda bisa meminta  dan mengecek pembayaran melalui PayPal, serta menggunakan Toggl untuk melakukan tracker serta berkomunikasi secara tatap muka menggunakan skype.

5. Temukan lebih banyak pekerjaan. Banyak daftar yang bisa anda dapatkan ketika anda mencari sebuah pekerjaan sebagai freelancer. Tetapi hanya menilai dan menulis resume sebagai respon dalam mencari pekerjaan saja tidak cukup. Luangkan waktu untuk menelfon, dan mengetahui  pekerjaan yang anda inginkan, dan dapatkan profil lengkapnya.

6.Lacak pitch anda dengan spreadsheet custom. Bagi beberapa orang mungkin istilah ini terdengar asing. Yang dimaksud disini adalah web worker, yang bisa membantu pekerjaan anda mengumpulkan data, mengurus klien dan menjadi job tracker bagi usaha anda.  Dengan adanya web worker tersebut, maka pekerjaan anda jauh lebih efisen dan terorganisir. Tentunya ini sangat berguna bagi seorang freelancer yang biasa harus mengurus pekerjaannya secara mandiri.

7. Memiliki Pemasukan ekstra. Jika anda seorang freelancer, maka anda tidak perlu merelakan sebagian gaji anda terpotong untuk biaya asuransi,jaminan social , potongan uang pensiun dan lain-lain. Tetapi anda harus pintar menyisihkan dan mengatur kebutuhan anda sendiri untuk mengantisipasi jika ada keadaan darurat seperti kesehatan. Karena itu anda harus punya pemasukan atau simpanan ekstra dibanding karyawan sebuah perusahaan.

8.Pelajari kemampuan anda dan legalitasnya. Menjadi seorang freelancer membuat anda harus memiliki multi talenta. Tidak cukup hanya terampil membuat kontrak dan menentukan aturan kerja. Tapi anda juga tahu aturan penjualan, kepemilikan hak cipta, dan penghargaan terhadap hasil karya anda secara hukum.

9. Tentukan tarif anda. Sebagai seorang freelancer anda bebas menentukan tarif anda. Namun ada kalanya seorang freelancer pemula memiliki keraguan untuk menentukan tarif yang pantas. Untuk itu anda bisa pergi ke Freelance switch’s hourly calculator. Disana anda bisa meminta untuk dihitungkan tarif  anda per jam, berdasarkan biaya produksi, pengalaman kerja dan faktor yang lain.

10. Mencari seorang akuntan. Jika anda seorang freelancer sukses yang sudah memiliki banyak income dari usaha anda, maka ada baiknya anda memiliki seorang akuntan, untuk mengurusi kontrak kerja maupun kewajiban dn  pajak yang harus anda bayarkan. Namun jika anda kesulitan untuk menemukannya, anda bisa datang ke situs human versus turbotax.com, dan temukan kemudahan disana

 


Tri Ani

Writer di sribu.com, private teacher, pelaku bisnis di bidang konveksi. Sangat menyukai buku dan kopi. Tertarik pada semua hal yang berhubungan dengan tantangan.