10 Hal Yang Dapat Dipelajari Entrepreneur Dari Atlit

Sebagai seorang entrepreneur, setiap harinya Anda harus selalu meningkatkan kualitas pada bisnis maupun pada diri Anda. Seperti meningkatkan fokus dan produktivitas. Untuk itu, Anda harus melihat sekeliling Anda. Anda harus bisa mempelajari hal-hal penting dari orang lain. Contohnya saja, para atlit. Kesuksesan seorang atlit sangat bergantung dengan kemampuan mereka. Atlit tidak hanya menghibur Anda, tetapi mereka juga memotivasi dan memberi inspirasi kepada Anda.

Dalam bisnis, anda sebagai seorang entrepreneur terus-menerus dibombadir dengan analogi olahraga. Sama seperti para atlit, Anda diharuskan berusaha setiap hari untuk meningkatkan kemampuan Anda, mempromosikan tim anda, serta memotivasi tim Anda. Inilah 10 hal yang dapat entrepreneur pelajari dari atlit.

1.    Berlatih

College and Pro Training

Atlit mempersiapkan diri baik sebelum dan selama musim. Mereka melalui pelatihan konstan dan pendingin. Latihan penguatan, peregangan, latihan ketahanan, semua adalah bagian dari rejimen yang atlit professional laksanakan sepanjang karier mereka untuk memastikan mereka dalam keadaan prima untuk melakukan pekerjaan mereka.

Sebagai seorang entrepreneur, Anda juga harus memberlakukan hal yang sama. Tentunya dengan versi Anda sendiri. Anda harus bekerja terus – menerus, mempelajari ide-ide bisnis baru, mengadakan inovasi, menciptakan strategi yang baik, menganalisis, dan merancakan semuanya dengan baik. Seorang entrepreneur yang baik juga harus memastikan bahwa pikiran mereka dilatih dengan baik dan benar, sesuai dengan lingkungan yang kompetitif.

 2.    Fokus

Runners-startline-focus

Kunci seorang atlit adalah fokus dan terus berkonsentrasi. Layaknya seorang kiper dalam olahraga sepakbola. Ia harus terus memperhatikan gerak-gerik lawan dan arah iringan bola. Dalam bisnis, anda akan dihadapkan dengan banyak masalah ataupun banyak tugas. Tapi, kunci utamanya adalah Anda harus tetap fokus dengan apa yang paling penting dalam suatu waktu.

 3.    Praktek

Hal ini berbeda dengan pelatihan yang telah dilakukan para atlit dalam menjaga kondisi mereka. Praktek adalah pengulangan gerakan atau kegiatan berulang-ulang. Menendang, menggiring bola adalah salah satu kegiatan fisik yang dilakukan terus-menerus oleh para atlit sepak bola. Kegiatan tersebut adalah kegiatan yang berulang tanpa akhir, sehingga memungkinkan tubuh untuk mengembangkan ‘memori akal’. Hal itu adalah bagaimana tubuh atlit mampu merespon dalam sepersekian detik dengan tindakan yang bergerak cepat dalam permainan di sekitar mereka.

Sebagai seorang entrepreneur, Anda juga harus mengembangkan versi Anda sendiri agar dapat merespon cepat terhadap data dan informasi. Anda dapat menjalankan versi Anda secara terus-menerus, sehingga dengan hal ini Anda dapat terus belajar dan berlatih keterampilan baru.

 4.    Pembinaan

coach-yelling

Hubungan terkuat dalam olahraga adalah antara seorang atlit hebat dan pelatih mereka. Pelatih memberikan bimbingan, struktur, konteks, dan disiplin yang pemain dapat memanfaatkan setiap hari.

Dalam bisnis pun, sebagai entrepreneur Anda juga dapat mencari mentor, guru, dan pelatih Anda sendiri untuk mengajar Anda, untuk memberikan arahan, dan memberikan umpan balik. Para entrepreneur terbaik, aktif mencari pelatih mereka sendiri dan sepenuhnya memanfaatkan pengetahuan dan kekuatan yang mereka berikan.

 5.    Kerja Sama

Multiple Players Holding Soccer Ball

Ada banyak contoh atlit yang bersaing di non-tim olahraga, tapi entrepreneur berdiri untuk belajar dari tim. Tim olahraga yang paling sukses adalah mereka yang bergantung sepenuhnya pada satu sama lain. Tim besar sering memiliki bintang besar yang menyediakan kepemimpinan dan keterampilan yang memberikan tim keuntungan ekstra. Michael Jordan mengatakan, “Bakat akan memenangkan pertandingan, tapi kerja tim dan kecerdasan memenangkan kejuaraan.” Entrepreneur juga bisa menjadi seorang bintang, tapi perusahaan mereka jarang berhasil dalam cara yang berarti tanpa tim yang hebat di sekitar mereka. Kutipan Aristoteles tentang, “keseluruhan lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya” adalah sebagai benar dalam bisnis seperti di olahraga.

 6.    Persaingan

Business-Compete

Persaingan dalam sepak bola sangatlah ketat, aktif dan sengit. Hal ini juga terjadi dalam bisnis.

 7.    Kepedulian

DeMarcus Cousins

Tentunya Anda pernah melihat setiap perayaan kejuaraan di televisi. Saat atlit yang menang menembakan sampanye, atlit-atlit yang kalah hanya menonton sedih dari bangku mereka sendiri. Tak jarang mereka meneteskan air mata dan memperlihatkan  ekspresi murung di wajah mereka. Hal itu wajar bukan? Tetapi, itu pun tidak membuat mereka jatuh. Mereka tetap memberi selamat dan menunjukkan kepedulian mereka.

Dalam bisnis menang dan kalah juga hal yang wajar. Tetapi, jangan biarkan hal itu membuat pertemanan anda dengan kompetitor Anda berubah menjadi permusuhan.

 8.    Pengorbanan

Dalam bisbol, bunt digunakan secara strategis untuk memajukan pelari di pangkalan ke posisi mencetak gol. Dalam hoki, pemain dengan kesempatan yang tampaknya-besar untuk menembak ke gawang sering akan melewati keping untuk pemain dengan tembakan yang lebih baik. Dan dalam basket pemain yang egois bersikeras untuk mengambil semua gambar tim akan sering berada di bawah bayang-bayang play-maker tanpa pamrih. Kewirausahaan bergantung sebagian pada pengorbanan yang sama untuk tim. Apakah itu berarti bekerja lembur sehingga tim Anda memiliki informasi yang mereka butuhkan hal pertama di pagi hari atau kredit untuk berbagi prestasi kunci, pengorbanan sangat penting bagi keberhasilan tim dan bisnis.

 9.    Bermain

Bermain, seperti dalam terlibat dalam kegiatan untuk kesenangan dan rekreasi. Apa maksudnya  harus pergi ke tempat kerja setiap hari? Dan hanya memainkan permainan yang Anda cintai?. Atlit diberkati atas karunia melakukan hal yang memberi mereka sukacita terbesar. Entrepreneur menjalani mimpi yang sama setiap hari anda pergi ke tempat kerja. Dengan mengetahui apa sebenarnya yang Anda inginkan dan melakukan apa yang ingin Anda lakukan, akan membuat anda mendapatkan kesenangan yang luar biasa.

 10.  Kemenangan

cricket

Menang adalah hal yang mendasari atau alasan mendasar untuk olahraga. Dalam bisnis pun menang adalah sama pentingnya tentunya dalam arti persaingan murni. Pengusaha ingin menang, ingin sukses, dan selalu ingin pengakuan dan kemajuan yang datang dengan itu.

————————————————————————————————————

Bagaimana menurut Anda artikel berikut? Kami akan sangat menghargai komentar dan masukan Anda. Simak juga tips-tips seputar bisnis lainnya di blog Sribu dengan men-klik link berikut.


Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G